INDONESIA SUBUR MAKMUR GEMAH RIPAH LOH JINAWI AYEM TEMTREM KARTA RAHARJO>

Selasa, 09 Agustus 2011

Sepeda Motor dan Mobil Bertambah, Risiko Kecelakaan Mudik 2011 Meningkat

Jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dan mobil di tahun 2011 dipastikan akan naik. Risiko kecelakaan saat mudik ataupun arus balik otomatis akan ikut meningkat.
meningkatnya pengguna sepeda motor disebabkan kebijakan pemerintah mengadakan Kereta Api Combi yang mengangkut penumpang sekaligus sepeda motornya ditiadakan tahun ini.
Mudik tahun 2011 ini PT KAI hanya menyediakan dua kereta (gerbong) paling depan dan paling belakang untuk mengakut motor disetiap rangkaian kereta api. Jadi gerbong tameng akan digunakan untuk mengangkut motor, artinya jumlah motor yang bisa diangkut akan jauh berkurang," terangnya.
Tahun 2008 angka kecelakaan mencapai 2.553 kasus dengan korban meninggal 1.092 jiwa. Tahun 2009 ketika kereta Combi mulai diberlakukan tingkat kecelakaan turun menjadi 1.646 kasus dan korban meninggal 702 jiwa. Pada tahun 2010 mengguna kereta Combi bertambah sehingga jumlah kecelakaan berkurang menjadi 1.460 kasus dan korban meninggal 328 jiwa.

"Tapi tahun ini resiko kecelakaan akan meningkat dengan meningkatnya jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor. Karena kecelakaan didominasi oleh kendaraan roda dua. Sebesar 70 persen kecelakaan saat mudik adalah sepeda motor," jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar